Powered By Blogger

Kamis, 24 September 2009

Tips Merawat Batik

Sumber: Kompas (Sabtu, 19 September 2009)

TIPS MERAWAT BATIK
Dengan mulai di akui nya batik di dunia international. Tentu nya sebagai bangsa Indonesia kita harus semakin bangga mengenakan batik. Bukan hanya sebagai pakaian untuk menghadiri acara formal, namun juga sebagai pakaian untuk kerja dan bersantai.
Berikut ini ada beberapa tips merawat batik dari batik keris yg bisa diaplikasikan pada koleksi busana maupun kain batik milik kita, antara lain:
  1. Dari sisi ketahanan warna, sebenarnya tekstil motif batik (printing) lebih tahan ketimbang batik tulis yang mengunakan proses lilin (asli). Oleh sebab itu, ada baiknya jika pada saat mencuci anda tidak mengenakan mesin cuci, melainkan tangan saja untuk mengucek.
  2. Sebaik nya mengunakan letak sebagai bahan pencuci kain batik. Jika terpaksa mengunakan deterjen, gunakan sedikit saja.
  3. Setelah mencuci kain batik dengan tangan, ada baik nya jika segera digantung.
  4. Tidak menjemur langsung kain batik di bawah sinar matahari karena hanya akan membuat nya cepat belel & kusam. Sebaik nya anda hanya mengangin - anginkan saja di tempat yang teduh.
  5. Pada saat menyetrika, lapisi kain batik terutama di bagian kerah nya. Ada sebaik nya jika kain batik jangan langsung terkena setrika yang panas karena hanya akan membuat kain batik cepat rapuh. Untuk hasil terbaik, gunakan saja steam iron untuk menghaluskannya.
  6. Untuk kain batik berbahan dasar sutera, ada baiknya jika di Dry clean saja.

Dengan beberapa tips praktis merawat batik dari batik keris ini, semoga koleksi busana dan kain batik anda tetap terawat baik dan "kinclong" agar bisa di gunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar